Wednesday, May 12, 2010

NGEMIL KURMA YUK.....

“Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang hamil, kerana sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, nescaya anak yang bakal dilahirkan itu menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas pemikirannya.”
(Sabda Rasulullah SAW)

Picture from http://sentramuslim.wordpress.com

Ternyata banyak banget manfaat buah kurma, ini dia beberapa manfaatnya :

1. kurma kering berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.

2. kurma basah mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya.


3. Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.

4. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.


5. Buah kurma dapat mencegah stroke


6. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.


7. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

Taken From resepherbal.e-salim.com

9 comments:

Sandy said...

cie2, yg lg merawat diri utk bayinya. jd pngen cpt nyusul :p

Raudah said...

cepet nyusul apa??
pengen cepet nyusul hamil?
hii....

Kartikarahmawati said...

nice inpoh mae...
tapi aku kurang suka sama yg terlalu manis..
jadi makan 1 atau 2 biji udah cukup buat aku.. hehhe

dek.indah said...

ma'ee udah hamil ya?
met ya mak..
tambah ni ponaan IF 01. ;)

Raudah said...

@ika
gpp...nce.
ak juga lg berusaha makan kurma tiap hari.
emang manis sih...ktnya di jus lebih enak loh..
tp vitaminnya pasti kurang drpd langsung makan buahnya.

@indah
ALhmdlh nda...
doakan sehat2 biar ponakan IF 01 bertambah,hehee...

wulanekadalu said...

wah,,lagi isi ya bu?
nanti aku jg mau deh makan kurma tiap hari, asal dibeliin
*calon suaminya aja belum hehehe

Raudah said...

@dalu
Iya..Alhmdlh..
mudah2an calon suamimu cepet datang menjemput mu.
hehee...

Eni said...

ma'e selamat yaaa....
semoga ibu dan calon dedeknya sehat selalu. Aminn...
udah berapa bulan ma'e? :)

Raudah said...

@eni
AMin...
makasih eni.
Alhmdlh udh 13 Minggu.

Post a Comment