Thursday, September 2, 2010

TIPS NAIK PESAWAT KETIKA HAMIL

Hai-hai moms to be...,bentar lagi kan mau lebaran nih.Pada mudik donk ke kampung halaman.Termasuk saya akan mudik kerumah orang tua dan menggunakan pesawat. Banyak kita-kita yang lagi hamil bertanya2, aman gak sih naik pesawat ketika lagi hamil? Saya termasuk khawatir sekali tentang ini tapi Alhamdulillah setelah konsultasi dengan dokter OBGYN saya, beliau mengatakan aman tapi di usia 14-28 (trimester 2) minggu krn saat itu badan ibu hamil sudah sehat dan fit. Klo trimester 1 kemungkinan masih mengalami morning sickness dan di trimester 3 takutnya terjadi kelahiran prematur atau kontraksi yang berlebihan. Khusus untuk batas usia yang diperbolehkan, tiap maskapai penerbangan punya kebijakan dan peraturan masing-masing #silahkan di cek sebelum memesan tiket pesawat#

Ini beberapa tips lain agar nyaman bepergian dengan pesawat terbang saat hamil :
1. Wanita hamil sebaiknya tidak melakukan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu lebih dari 6 jam.
2. Sebelum memesan tiket pesawat, konsultasikan terlebih dahulu rencana bepergian ke dokter & mintalah pendapat/pertimbangannya.
3. Mintalah kepada dokter surat keterangan mensyaratkan boleh terbang dalam kondisi hamil. 4. Usahakan untuk memilih tempat duduk disamping gang, untuk mempermudah mobilitas ke toilet.
5. Bawa benda-benda "pengusir kebosanan" seperti buku bacaan atau mp3 player (musik yang tenang bisa ampuh juga untuk menghalau pusing atau "keributan" dari sekitar).
6. Perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Ketika pesawat berada pada ketinggian tertentu, kelembaban di kabin pesawat akan semakin rendah. Pasokan oksigen tidak sebanyak ketika masih di darat,sehingga penting untuk menjaga pasokan air di dalam tubuh.Namun hindari meminum teh,kopi atau soda yang bisa membuat perut nggak nyaman dan kembung.
7. Kenakan sepatu flatshoes yang nyaman, agar kaki tidak cepat lelah saat harus berjalan di terminal bandara .
8. Bawa sesedikit mungkin barang bawaan yang harus ditenteng-tangan.
9. Kenakan pakaian yang nyaman & agak longgar (terutama di sekitar garis perut), dengan sesedikit kancing atau asesoris yang bikin repot dibuka saat harus buang-air. Siapkan juga syal pashmina atau jaket untuk menghalau dingin udara kabin.
10. Bawa selalu saputangan handuk/kertas tissue, cairan antiseptic pembersih tangan didalam tas tangan.
11. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar ibu dan bayi akan baik-baik saja selama perjalanan.

Okay deh..segitu dulu tips nya mudah-mudahan berguna.

Happy Holiday Moms...

0 comments:

Post a Comment