Saturday, October 6, 2012

TOILET TRAINING #PART 1

Hai..hai....welcome Oktoberrr....
Harusnya ini udah masuk musim hujan ya, kan udah bulan ber..ber...
Tapi ntah kenapa cuaca di Jakarta ini khususnya Cengkareng kok masih panas mentereng aja ya, aku sih seneng-seneng aja, kan cucian juga bisa cepat kering *tetep ya mikir cucian...*

Ngomonng-ngomong tentang cucian, sekarang clodi naya udah nggak terlalu nempel kotoran, yiiihhaa...
MAKSUDNYA???
maksudnya naya udah bisa pup di WC, seneng kan gw *jogetjogetdora*
Seneng donk,,,,tapi mungkin ibu-ibu diluar sana bilang "halah...telat banget, anak gw dr umur 6 bulan udah di toilet training". Trus gw mesti bilang "WOW" gitu??

So...tiap anak beda-beda yang ibu-ibu cara pencapaiannya, jangan disamakan, nanti ibunya sutress. Begitu pun diriku, gak terlalu pusing mikirin anak tetangga atau temen yg anaknya udah lulus toilet training umur berapa, udah bisa kancing baju sendiri, udah bisa bikin kue sendiri *lah..lah...menghayal*

Sebenarnya dari umur 18 bulan naya udah mulai diajarkan toilet training. Dimulai dari bilang kalau mau ee' bilang... "Mama..naya mau ee...". 
Oiya..yang pertama kali aku ajarkan itu pup ya, kalau pipis nanti setelah pup sukses. Kenapa umur 18 bulan sih baru diajarkan? Telat banget tauu?

Alasannya, karena naya udah lancar ngomongnya, trus ekspresi wajah mau pup itu udah dapat. Kalau masih bayi kan datar aja itu muka, eh...tiba-tiba udah pup di celana aja. trus udah mantep jongkoknya. Aku mengajarkan naya pup di WC jongkong langsung, gak pake potty training. Pernah diajarin pup di WC duduk, anaknya gak jadi pup malah pengen main.

Agak panjang ternyata prosesnya, dimulai dr umur 18 bulan itu blm bisa berjalan dgn lancar. Kalau dulu dia bilang sih "mama...naya mau ee.." tapi udah ee' duluan di celana. Atau kasus lain, dia minta pup, tapi bohongan cuma pengen main air aja #tepok jidat plus lap keringat

Nah..pas masuk usia 21 bulan, dia udah bisa merasakan pengen pup & langsung bilang "mama..naya mau ee.." seringnya pas eykeh lagi makan bo'...
nah, lumayan kan tuh rempong nya, harus gerak cepatlah gw cuci tangan, buka celana naya langsung ngibrit jongkokkan di WC. Kalau pup nya udah keluar dia seneng banget, sambil liatin pup nya disiram, hahahaa...jorkiiii...

Tapi kadang-kadang suka kecolongan juga, dia udah pup duluan di celana. Atau...lagi asik main-main, tiba-tiba ekspresi muka memerah & mainnya berhenti sebentar, pasti langsung aku tanya "naya mau ee'??", kalau dia bila "IYA" langsung deh cepet-cepet ke kamar mandi jangan sampai keluar duluan di celana.

Ah..ternyata seru ya ngajarin toilet training. tinggal ngajarin pipis nih *chayyoo...semangat*
tapi kadang-kadang dia yang suka ingetin aku, krn kebiasaan mau mandi pipis dulu, kalau udah lupa pasti dia bilang "pipis dulu.."
Duuh....pinter #kecups naya

1 comments:

ke2nai said...

salah satu kehebohan punya anak adalah mengajari toilet training.. :D

Post a Comment