Monday, October 8, 2012

WEANING WITH LOVE #PART 1

2 bulan lagi menuju 2 tahun....
Gak berasa naya udah besar ternyata, dan udah siap-siap untuk disapih.

Nah..untuk pekerjaan yang satu ini, saya harus benar-benar kerja keras, kenapa?? karena naya itu mulai dari lahir sampai sekarang tau nya cuma 'nenen'. Kebayang kan betapa susah untuk menyapihnya.

Alhamdulillah...proses cicil menyapih *pake KPR gak nih cicilannya?? hahahaa...* nggak terlalu susah.
dimulai dari umur 20 bulan, saya & suami udah sering berbicara ke naya, khususnya saya sering melakukan PILLOWTALK atau sebelum tidur suka di hypno anaknya dan sering mengulang kata-kata ini 
"naya adek bayi ato kakak-kakak?"
"kakak-kakak..."
"kalau kakak-kakak minum susu nya pake botol ya."

Kalau tiba-tiba naya minta bobo' nenen, aku langsung bilang "ih..malu, naya kan udah kakak-kakak. yang bobo' nenen itu adek bayi."
kadang dia mengerti kadang nggak. Bahkan kadang-kadang sampe gak tega juga melihatnya dia kekeuh minta nenen. Kalau udah gitu, aku pun luluh juga.

sekarang...naya udh 22 bulan, Alhamdulillah minta nenen nya udah mulai berkurang. Dan sekarang mau tidur siang & malam udah mau minum uht pake botol dan gak pake drama minta nenen. Biasanya aku suka bacain buku atau nyanyi pas naya lagi minum susu. Kalau susu udah abis, biasanya matanya juga udah kreyep-kreyep, tinggak ditepok-tepok pan*atnya langsung deh tidur. Duh..aku seneng banget. malam juga begitu.

Tapiii....tugas terberatku sekarang adalah, kalau tengah malam dia terbangun dan grasak-grusuk minta nenen. Kadang-kadang cara tepok-tepok ampuh, anaknya bisa langsung tidur tapi kadang-kadang gak mempan juga ditepok-tepok. Nah..kalau dia udah merengek-rengek minta bobo' nenen aku pun gak tega.

Pernah tengah malam aku siapkan susu dibotol, buat jaga-jaga sapa tau dia mau minum pake botol, eh...bocahnya nggak mau, malah nangis. Pernah juga aku siapkan air putih di botol, pas dikasih dia nggak mau dan lucunya dia bilang "nggak enak..." wkakakaa...akupun cekikikan tengah malam.

Aku berharap semoga weaning nya berjalan dengan lancar, gak pake drama, gak pake jamu-jamuan, pahit-pahitan ato apalah itu yang buat anak trauma.

Buibu...punya tips&trik nggak biar sukses weaning nya??
terima kasih

3 comments:

Keke Naima said...

kl pengalaman sy menyapih dua anak sy itu yg utama harus kerja sama penuh sm ayahnya. Kalo perlu ayahnya cuti.. Sebelumnya dr jauh2 hari, anaknya di ajak ngobrol.. Di kurangi sedikit-sedikit. Trus kalo di rasa udah banyak berkurang, baru sy total kurangin.. Memang anaknya jd rewel tp bs kita bantu dengan cara menjelaskan, mengajak bermain atau gendong seharian. Dengan kata lain manjain mereka lah.. Makanya perlu kerjasama dr suami krn seharian gendong anak yg rewel capek juga.. Pengalaman sy sih cuma sehari anak2 bs brenti & gak trauma kok

Bunda Kanaya said...

samaan banget niy mbak sama Naya ku.....aku juga udah mulai ngajarin weaning tapi tetep aja rada susah.... bener2 menguji kesabaran, aku juga pengennya ga pakai pahit2an yg diajarin ortu, saling mendoakan semoga sukses yaa....

Raudah said...

bunda ke2nai : doa'an saya smoga sukses ya bund.bener dukugan suami itu yg paling penting.

bunda kanaya : sukses juga weaning nya ya...

Post a Comment