Friday, June 7, 2013

DUA SETENGAH TAHUN...


Kali ini bercerita tentang naya. Sudah lama juga gak cerita disini perkembangan Naya. 

Sekarang naya udah 2,5 tahun. Katanya udah bisa dimasukkan ke PAUD tapi saya masih ogah-ogahan untuk memasukkan naya ke PAUD.Untuk urusan bersosialisasi, ALhamdulillah naya bukan tipe anak rumahan, tiap hari keluar maen sama teman-temannya. Urusan membaca? itu bukan yang paling penting di umur naya sekarang, saya lebih mengutamakan Akhlaknya daripada membaca-menulis-berhitung. Ntah kenapa, saya belum bersemangat memasukkan naya ke PAUD, saya masih pengen naya bermain dengan saya dirumah. Main perahu-perahuan yg terbuat dari bedcover, maen masak-masakan, bercerita, membaca buku, mewarnai & setumpuk kegiatan yg lain.

Alhamdulillah naya sehat dan tambah pintar. Ngomongnya juga udah lancar banget. Yang belum lancar hanya penyebutan huruf 'r' dan 's'. Selebihnya lancar jaya. Bahkan kalau saya ngomong bahasa inggris, dia bisa mengikuti dengan pronounce yang benar. Jadi sekarang enak ngobrol sama naya, nyambung aja gitu.

kalau saya gak seharian sama naya,diusahakan selalu nanya aktifitasnya dia, misalnya :
"tadi tidur siang nggak?" atau "makannya abis gak?" atau "tadi maen apa aja sama mida?" (mida tetangga sebelah rumah yg tiap sore maen sama naya) si bocah langsung cerita panjang lebar. Bahkan kadang-kadang dia suka ngadu gitu. Kalau saya baru pulang kerja & buka pintu, dia langsung lari menghampiri dan bilang "mama...aku tadi gak tidul ciang loh?", atau kalau abis pulang maen di luar langsung cerita "aku tadi naik odong-odong"

Selain perkembangan bicara, dari tingkat kemandirian juga udah mulai terlihat, misalnya udah bisa pakai / lepas celana sendiri, lepas kaus dalam, makan sendiri, bawa piring kotor ke tempat cucian piring, bahkan kalau  BAK mau nya sendiri juga, kalau perlu pintu nya ditutup. Biasanya dia bilang begini "mama..aku mau kencing, mama disitu dulu ya, aku gak lama kok" *sambil lepas celana dalam.
Mandi juga gitu, gak mau dimandikan "aku mandi cendili aja, mama sana gih....masak!!"
Huahh...anakku udah GADISS.

Oiya, untuk toilet training masih belum sukses 100%, karena malam masih pake diaper. Kalau siang udah sukses, bahkan dibawa jalan-jalan juga gak ngompol lagi. Tapi tetep kalau jalan-jalan dipakein diapers buat jaga-jaga kalau ngompol. Dan naya paling suka kalau jalan-jalan minta ke toilet, apalagi kalau udah ke mall, minta pipis sampe 2 kali. Dia seneng banget ke toilet mall, mungkin karena bersih dan banyak tissu nya, bisa puas maenin tissu.

Menyapih botol juga belum sukses, gak apa-apa lah pelan-pelan aja. Tapi kalau lagi dijalan dan minta minum susu saya langsung kasih dari kotaknya aja gak pake dot dan untungnya naya mau. Sekarang naya lagi ada hapalan loh...Alhamdulillah kemarin udah hapal Al-Fatihah dan Al-Ikhlas, walaupun Al-Ikhlas belum terlalu hapal. Next...menghapal surah AN-Nas. Mengambil air wudhu juga udah bisa walaupun belum sempurna.

Insya Allah bulan Ramadhan nanti saya udah buat beberapa plan untuk kegiatan naya, semoga lancar dan anaknya antusias.

Udah dulu ya...
ini beberapa photo naya yang lagi belajar sambil bermain ^_^ 


0 comments:

Post a Comment