Monday, January 28, 2013

#TRIP TO JOGJA DAY 2 : WISATA CANDI

Semua sudah segeerrr....
Semua sudah mandi & sarapan...
Are you ready for this trip??

Yuuk mari kita berangkat, mobil rental udah datang ke hotel jam 08.30 pagi, telat ya pak...!! kan janji nya datang jam 8. Saya sampe nge-goler lagi tuh di kasur nungguin si bapak.

Hari ini kita menuju candi-candi yang ada di jogja. Dengan rute Candi Borobudur - Kaliadem/cangkiran (bekas gunung merapi) - Candi Prambanan - Candi Ratu Boko (optional/kl waktunya msh cukup).

Saya dulu ke borobudur waktu SMP kelas 1. Waktu ikut lomba tingkat pramuka di Cibubur *eitss...kecil-kecil gini saya bisa tali temali loh...;)
Dikasih waktu 3 hari untuk di jemput keluarga, so...kakak ku yang kuliah di Jogja jemput aku di cibubur & kami meluncur ke jogja. Sempet dibawa jalan2 ke borobudur, panen salak pondoh, jajan2 di UGM & ke Parangtritis.

Karena udah lama nggak ke Jogja lagi, jadi ya aku masih antusias.
Perjalanan ke Borobudur hanya ditempuh lebih kurang 1 Jam, Alhamdulillah perjalanan lancar & nggak macet (ya iya...wong liburan udah usai, kita2 aja yang liburannya terlambat). Cuaca juga bagus. Soalnya diperkirakan cuaca selalu hujan di sore hari. Tapi Alhamdulillah selama di Jogja cuaca benar-benar bersahabat.

Sampai di Borobudur sekitar Jam 09.30. Beli tiket & pake sarung, Kalau kata naya itu kain gendong ^_^.
Saya, ibu mertua & naya naik kereta menuju candi karena capek jalan. Suami jalan kaki. Padahal sebenarnya kita mah di puter-puterin keliling Borobudur. Malah nyampek nya sama suami & saya.

Pengunjung tidak terlalu ramai. Banyak turis dari Jepang juga. Salut melihat ibu-ibu nya, udah tua masih kuat jalan. Yah..umurnya se-umur ibu saya lah. Tapi kuat banget jalan. Mungkin karena sudah terbiasa jalan kaki di Jepang.

Ini dia artisnya...hehehee.....

Sudah capek mengelilingi Borobudur, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Kaliadem - cangkringan. Pengen liat bekas gunung merapi. Tapi sebelumnya makan siang dulu & sholat Jum'at bagi para lelaki. Kita mah yang cucewek nungguin di mobil aja sambil ngemil-ngemil rujak.

Perjalanan ke Cangkirangan sekitar 1 jam, cuaca masih bersahabat. Tapi pas nyampek di cangkringan udah mulai gerimis. Sebenarnya kalau mau lihat rumahnya MBAH MARIJAN bisa nyewa mobil atau motor naik lagi keatas, cuma karena cuaca sudah mulai gerimis, kita putuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan ke Prambanan aja. 

Jadi kita cuma liat-liat sekitar bekar meletus gunung merapi aja. Keliatan bekas lahar dingin pasir-pasir & batu-batu. Kaliadem isinya bukan air tapi batu & pasir.


Pohon-pohon masih gundul, cuma tinggal batang pohon aja. Tapi akan subur tanahnya. Salut dengan Jogja, karena ini kan daerah lumayan jauh dari pusat kota. Jalan nya juga kecil, tapi mulus loh nggak ada lubang-lubangnya.




Selesai dari cangkringan, kita lanjut ke Prambanan. Selama perjalanan naya tidur & pup.
Berhenti dulu buat ganti diaper & skalian para penumpang ke toilet. 

Nyampek Prambanan sore, sekitar jam 15.30.
Nggak kayak Borobudur, menuju ke Candi nya jalan jauh banget dulu. Kalau Prambanan jalan menuju candi nggak terlalu jauh.

Photo-photo & naya main rumput sambil liat pesawat. Eh iya...kalau dari Jakarta mau landing di Adisucipto, pasti melewati Candi Prambanan. Jadi ngeliat candi prambanan dari atas. Bagus banget....
Makanya kalau ada pesawat lewat, keliatan banget karena pesawatnya udah siap-siap mau landing. Naya teriak-teriak manggil pesawat. "Ndeso ya nay liat pesawat?" padahal di rumah tiap hari mendengar suara pesawat.
Keliatan kan siapa sebenarnya artis nya?

Di Prambanan nggak terlalu lama,karena ngejar ke Candi Ratu Boko juga. Takut udah tutup. Makanya cuma 20 menit di prambanan, kita lanjut lagi perjalanan ke Ratu Boko. Sebenarnya bisa tiket terusan, cuma batas waktunya sampai jam 3 Sore. Kalau dapat tiket terusan Prambanan-Ratu Boko, harga tiketnya murah cuma 45rb saja.

Candi Ratu Boko nggak terlalu jauh dari Prambanan, sekitar 2KM saja. Perjalanan agak sedikit menanjak. Beda nya dengan Bodobudur & Prambanan. Di Ratu Boko keliatan agak sedikit Ekslusif, karena nggak banyak pedagang kaki lima.

Waktu pertama kita nemu candi nya langsung bilang "Gini doank??" hahahaa...karena ngeliatnya biasa banget. Tapi waktu udah naik ke Atasnya, komentarnya "Wow....dari sini baru keliatan bagus".
Emang iya, kalau liat dari depan, biasa banget, cuma candi kayak bentuk gerbang rumah gitu. Tapi waktu naik keatas nya, keliatan beda.

Teteup ya disini ngeliat pesawat, dan naya teriak-teriak lagi. Disini juga naya seneng banget karena banyak rumput dan domba yang sedang makan. Dia pengen ngejar-ngejar domba. Ibu mertua nggak ikut naik ke atas karena capek naik tangga.
Jadi nya kita deh yg putu-putu sampe capek.

Okeh,,,dari Ratu boko, perjalanan selesai. Kita kembali ke hotel, karena kaki udah cenut-cenut. Besok dilanjut lagi jalan-jalannya.

Yeaah...selanujutnya Wisata Pantai.
uuyeeee....We love Beach ^_^

2 comments:

meilya dwiyanti said...

wess naya jalan jalannn yaaa....

asiikknya...

Raudah said...

Hihii...
hayuuk liburan, menghilangkan penatnya pekerjaan :)

Post a Comment